Time

Rabu, 11 Juni 2014

Seputar Lamongan


Apa yang terlintas dalam fikiran anda tentang Kabupaten Lamongan,??? Pasti kalian akan mengingat WBL (Wisata Bahari Lamongan), PERSELA (Persatuan Sepak bola Lamongan), Patung Bandeng Lele, atau Sotonya,????? Disini saya akan mempromosikan kota kelahiran saya. Ya Lamongan J
Kabupaten Lamongan adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur, yang berada di timur Kabupaten Gresik, utara Kabupaten Jombang dan Mojokerto, timur Kabupaten Bojonegoro dan Tuban, selatan Laut Jawa. Lamongan memiliki luas 1.812,80 kmterdapat 27 kecamatan, merupakan daerah pantura dan termasuk kabupaten yang di lalui oleh jalan deandles serta di lewati oleh bengawan solo.
Mau tau lebih banyak tentang Lamongan,?


Lamongan memiliki makanan khas yang luar biasa enaknya J
  1. Soto Lamongan
Pasti sudah banyak yang tau tentang soto lamongan, karena banya warga lamongan merantau untuk berjualan soto. Soto lamongan memiliki kuah yang bening.

 




  1. Nasi Boranan

Bagi yang suka pedas wajib coba makanan khas lamongan yang satu ini, di sajikan dalam bungkusan koran dan daun yang di bentuk pincuk. Nasi bornan d lengkapi dengan berbagai lauk seperti: ikan sili, ikan bandeng, jeroan, telur asin, dadar, ikan kutuk/gabus,ayam,dll.







  1. Tahu Campur
Makanan yang satu ini memakai petis dalam menyajikan di lengkapi dengan selada air, kecambah (toge), perkedel ketela pohon, mie kuning, danging sapi lunak, dan disajikan dengan kuah. Makanan ini berasal dari desa padengan kecamatan pucuk.




  1. Es Siwalan
Es dawet siwalan mengunakan santan dan sirup gula merah, hampir sama dengan es dawet hijau. Namun di pesisir Paciran sirup gula merah yang digunakan untuk es dawet ini yaitu sirup yang berasal dari gula siwalan, bukan  gula aren. Rasa es dawet siwalan selain segar, juga manis, gurih, dan enak. Gurih di sini bukan hanya dari rasa santan kelapa saja, tapi juga dari sirup gula merah siwalan. Sirup ini memiliki kecenderungan rasa lebih gurih daripada sirup gula aren. Banyak ditemukan d daerah pesisir tepatnya kecamatan paciran.

  1. Es Batil

 Minuman yang terbuat dari beras yang difermentasi sehingga terbentuk menjadi batil ,kemudian dalam penyajian nya ditambah variasi seperti rumput laut,siwalan, dawet,kacang ijo,ketan hitam,dan santan. Es batil merupakan minuman khas dari desa bulu brangsi kecamatan solokuro.


  1. Jumbreg

Makanan yang terbuat dari tepung yang di campur gula jawa khas lamongan yang d bungkus menggunakan daun siwalan (seperti daun kelapa namun lebih kaku dan kuat). Makanan ini banyak di temukan di daerah pantura kecamatan paciran.






Wisata di Lamongan juga tidak kalah banyaknya, nah ini wisata yang ada di Lamongan
  1. WBL (Wisata Bahari Lamongan                                                                                                  
    Terletak di pesisir utara Pantai Jawa, tepatnya di kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan – Jawa Timur, Wisata Bahari Lamongan (WBL) menawarkan oase tersendiri bagi wisatawan. Berdiri sejak tahun 2004 sebagai hasil pengembangan objek wisata yang telah ada sebelumnya, yaitu Pantai Tanjung Kodok.
 Memadukan konsep wisata bahari dan dunia wisata dalam areal seluas 11 hektare, WBL siap memanjakan pengunjung dengan konsep one stop service mulai jam 08.30-16.30 WIB setiap harinya. Didukung pula dengan hadirnya 3 wahana baru setiap tahunnya.
Selain itu tersedia pula fasilitas pendukung seperti Pasar Hidangan, Pasar Wisata, Pasar Buah dan Ikan serta fasilitas umum lain seperti Masjid, Klinik, ATM, Tempat Menyusui Ibu & Bayi, Toilet, Free WIFI, Tempat Parkir dan lain sebagainya.Terhubung dengan Tanjung Kodok Beach Resort dan Maharani Zoo & Goa, menjadikan perjalanan wisata anda semakin nyaman, lengkap dan berkesan.
Harga tiket cukup terjangkau berbanding lurus dengan fasilitas dan obyek obyeknya.

Senin - Kamis
55.000
Jumat – Minggu, Hari besar, Hari libur, Musim libur
75.000


  1. Maharani Zoo Lamongan (Mazola)

MAHARANI ZOO & GOA hadir dengan nuasa wisata yang berbeda, dengan tidak meninggalkan etnik budaya. Berdiri diatas lahan seluas ± 3 hektar dengan menyajikan perbauran antara wahana konservasi dan edukasi dan budaya yang di kemas dengan nuasa etnik Afrika ( African Style). Dengan pemandangan pesisir pantai Utara dan jarak tempuh hanya 1.5 jam dari kota Surabaya. Tepat di depan WBL. Wisata ini di buka pukul 08.30 dan tutup pukul 16.30.
MAHARANI ZOO & GOA menghadirkan berbagai jenis satwa, tidak ketinggalan pula satwa satwa unik albino koleksi kami dari berbagai benua, yang tentunya akan menambah pengalaman anda. Terdapat pula GEM STONE GALLERY yang merupakan musium batu dengan koleksi bebatuan dari penjuru dunia. Selain GEM STONE GALLERY, Maharani zoo & goa juga menghadirkan MUSIUM SATWA dimana di dalamnya terdapat berbagai jenis hewan yg telah mati dan di awetkan, terdapat pula fosil fosil hewan purba tentunya sebagai sarana pembelajaran.
MAHARANI ZOO & GOA Lamongan merupakan TAMAN SATWA pertama kali di Indonesia yang menyajikan koleksi satwa Carnivore, Herbivore, Primate, dan Aves dengan African Style.

Tiket masuk k Maharani Zoo & Goa

Senin – Kamis
35.000
Jumat – Minggu, Hari besar, Hari libur, Liburan
50.00



  1. Waduk Gondang 
Waduk Gondang, terletak 19 km arah barat kota Lamongan, tepatnya di desa Gondang Lor. Waduk atau Bendungan ini telah diresmikan pada tahun 1987 oleh Presiden Soeharto. Waduk Gondang memiliki luas 6,60 hektar dengan kedalaman sekitar 29 meter. Selain sebagai sarana penampungan air bagi ribuan hektar sawah di Lamongan, Waduk Gondang, juga menjadi tempat favourit untuk wisata air bagi keluarga dan wisatawan yang berkunjung. Di samping bisa menikmati luasnya pemandangan air, Waduk yang dipenuhi pepohonan ini, juga dilengkapi dengan sarana bermain anak-anak, bumi perkemahan, kebun binatang mini yang dihuni oleh Rusa, Orang Hutan, Kera, burung Garuda, Merak, Ular dan satwa lainnya. Salah satu fasilitas dari waduk ini adalah perahu milik nelayan setempat yang siap mengantarkan para pengunjung menikmati luasnya Waduk Gondang dengan biaya 20 ribu rupiah.
4.      Makam Sunan Drajat




 Makam Sunan Drajat dimakamkan di daerah Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Makam Sunan Drajat ini berada pada bukit dengan dikelilingi pepohonan yang luas. Di area Makam Sunan Drajat dibangun Museum Sunan Drajat dan bisa diakses masyarakat umum secara gratis, agar mempermudah pengenalan sejarah budaya bagi dunia pendidikan. Pada umumnya pengunjung Makam Sunan Drajat ini adalah wisatawan nusantara. Selain itu juga sering didatangi wisatawan dari berbagai daerah di Asia tenggara. Dan pemerintah Kab. Lamongan telah memberikan berbagai fasititas antara lain : tempat parktr, masjid, rumah makan dan minuin, serta tempat beristirahat dan kamar mandi untuk mempermudahkan bagi para peziarah di Makam Sunan Drajat.


  1. Gunung Pegat

Gunung ini merupakan gunung kapur yang berada di selatan kecamatn babat, mempunyai pemandangan yang sangat mempesona, cocok bagi yang suka fotografi.









Sepak bola kebanggaan warga lamongan PERSELA

 
 Persatuan Sepakbola Lamongan atau lebih dikenal dengan sebutan Persela Lamongan adalah sebuah klub profesional yang berkedudukan di Kota Lamongan, Jawa Timur. Berdiri pada 18 April 1967, yang sekarang berusia 47 tahun.Di tengah dualisme kompetisi sepakbola di Indonesia, Persela tetap memilih bergabung ke Indonesia Super League (ISL) pada musim 2011/12 hingga saat ini.


Stadion SURAJAYA adalah stadion kebanggaan joko tingkir











Yuk mari berlibur di Lamongan :)
LAMONGAN MEGILAN!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar